Rabu, 17 Februari 2010

Dadah Sayang..

Rating:
Category:Other
Di usia batita, anak masih sangat bergantung pada orangtua. Lantaran itulah dalam melakukan aktivitas apa pun, ia cenderung ingin selalu ditemani ayah-ibunya. Maka jangan heran, kalau saat mau berangkat kerja pun, si kecil sulit melepaskan Anda. Kenapa? Karena saat hendak berpisah dengan orangtua, anak merasa ada sesuatu yang hilang. Akibatnya ia merasa tak aman dan tak nyaman. Perasaan seperti itu kerap diungkapkan dalam bentuk merajuk, rewel, bahkan menangis. Bahwa berpisah dengan orangtua merupakan sesuatu yang menyedihkan. Karena itu, sedapat mungkin orangtua mesti membuat anak merasa aman dan nyaman sebelum ditinggal pergi.

ANEKA RITUAL

Nah, salah satu hal yang menarik, sering kali anak mengajukan sejumlah "syarat" agar bisa melepas orangtuanya pergi. "Ritual" tersebut seolah wajib hukumnya, sehingga bila tak dilakukan bisa-bisa si kecil ngadat. Apa pun ritualnya, tentu tak jadi masalah asalkan tak memberatkan orangtua dan dilakukan dalam situasi dan kondisi yang wajar. Ya, bagaimanapun, kita perlu memahami "ritual" itu dari sudut pandang anak.

Ritual sebelum meninggalkan si kecil tentu ada dampak positif dan negatifnya. Dampak positif misalnya menjadi sarana membina hubungan harmonis antara orangtua dan anak. Lantaran kesibukan bekerja, orangtua kadang sulit meluangkan waktu untuk bermain dengan anak, bukan?

Nah, negatifnya, ritual itu tak lagi berdampak baik jika sudah memberatkan atau tuntutannya berlebihan bahkan mengganggu aktivitas. Anak pun akan terus-menerus ketagihan dan menuntut agar permintaannya terus-menerus dipenuhi. Jika suatu saat orangtua menolak, anak akan melampiaskannya dengan temper tantrum. Anak bisa menjerit-jerit, menangis sambil berguling-guling, bahkan bisa menganggap orangtuanya tidak menyayanginya lagi.

--Nakita edisi 435/X--

1 komentar:

  1. Ritual Rafi di pagi hari biasanya nemenin ayah manasin motor..tapi pagi ini terlewat karena hujan..maaf ya sayang..^^

    BalasHapus