Rabu, 17 Februari 2010

Kenali CIRI KHAS DEMAM DENGUE

Rating:
Category:Other
Ada yang bilang pola demamnya membentuk kurva pelana kuda.


POLA PELANA



Ini yang penting diketahui untuk membedakan demam dengue dari demam lainnya. Demam dengue mempunyai siklus demam yang khas. Polanya turun naik menyerupai pola pelana kuda dengan ciri-ciri:



1. FASE DEMAM

Anak mendadak demam tinggi anak agar beristirahat yang cukup. Jika demam tak kunjung reda pada

hari ketiga, jangan tunda untuk mendatangi rumah sakit terdekat. Orangtua juga perlu mempertimbangkan untuk pergi ke dokter pada hari pertama, jika anak tidak mau makan atau muntah terusmenerus.



2. FASE KRITIS

Demam pada anak menurun drastis (kembali ke 37° C). Pada fase ini banyak orangtua yang terkecoh, karena menyangka anak telah sembuh. Padahal, anak tengah terjangkit shock syndrome yang

ditandai sikap gelisah, kesadaran menurun, ujung tangan dan kaki teraba dingin, pucat, berkeringat, denyut nadi cepat dan lemah. Bisa juga terjadi perdarahan (bisa dilihat dari mimisan, bercak-bercak merah, tinja berwarna hitam, dan lain-lain). Dalam kondisi ini, anak harus berada di rumah sakit untuk mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat. Jika tidak, maka dapat mengancam nyawa anak sebab banyaknya perdarahan dapat berujung pada kematian.



3. FASE PENYEMBUHAN

Terjadi pada hari ke-6 dan 7. Demam yang mulanya turun akan naik kembali sebagai bagian dari reaksi tahap penyembuhan. Lambat laun suhu akan normal kembali dan secara umum kondisi anak pun membaik. Nafsu makan meningkat dan anak tampak aktif kembali. Kadang terlihat ruam kemerahan pada kedua kaki dan tangan. Pada fase ini anak harus cukup makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, juga diberi minuman yang cukup agar kondisinya kembali stabil, sehingga anak diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

--nakita--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar