Minggu, 22 November 2009

Arti warna pada feses bayi

Rating:
Category:Other
Kegiatan buang air besar seorang bayi kadang membuat khawatir sebagian orangtua, khususnya pada warna, bentuk dan polanya.

Umumnya warna tinja pada bayi dapat dibedakan menjadi kuning, coklat, hijau, merah dan putih/keabu-abuan. Untuk mengetahui normal atau tidaknya sistem pencernaan bayi kita, dapat dideteksi dari warna-warna tinja tersebut.

KUNING
Warna Kuning dapat diindikasikan sebagai feses normal untuk bayi, apabila bayi mendapat ASI yang penuh, tanpa campuran susu formula, warna kuning dari feses yang dihasilkan lebih cerah dan cemerlang (didominasi warna kuning). Yang berarti si bayi mendapat ASI penuh dari foremilk (ASI depan) dan hindmilk (ASI belakang).

HIJAU
Warna Hijau pada feses bayi masih dikategorikan normal, tapi warna ini tidak boleh terus-menerus muncul karena hal tersebut berarti cara ibu memberikan ASI kurang tepat/belum benar (yang terhisap oleh bayi hanya foremilk saja, kasus tersebut terjadi kalau produksi ASI melimpah, dimana si bayi selalu menghisap ASI depan terlebih dahulu yang mempunyai kandungan gula & laktosa tapi rendah lemak yang membuat bayi cepat lapar kembali & ASI belakang yang mengandung banyak lemak akan terhisap setelah foremilk habis, padahal hindmilk (ASI belakang) inilah yang membuat tinja menjadi kuning.

MERAH
Warna Merah pada feses bayi bisa disebabkan adanya tetesan darah yang menyertainya, darah tersebut bisa berasal dari tubuh bayi atau dari ibunya yang terisap pada saat proses persalinan, jika darah tersebut berasal dari ibunya, maka fesesnya akan ditemukan bercak hitam & berlangsung 1 s/d 2 hari. Apabila darah tersebut bukan berasal dari 2 hal tersebut kemungkinan lainnya bisa karena alergi susu formula atau penyumbatan pada usus & hal tersebut perlu penanganan cepat dan segera berkonsultasi pada dokter.

PUTIH/KEABU-ABUAN
Jika warna Putih/keabu-abuan pada kotoran bayi terjadi, maka hal tersebut harus segera diwaspadai. karena warna putih menunjukan gangguan yang cukup riskan yang mungkin disebabkan gangguan pada hati/penyumbatan saluran empedu pada bayi. yang berarti cairan empedunya tidak dapat mewarnai tinjanya, yang berarti si bayi harus segera dibawa kedokter.

BENTUK FESES
Feses bayi di dua hari pertama setelah dilahirkan berbentuk aspal lembek setelah itu akan bergumpal seperti jeli, padat, berbiji & berupa cairan. Feses bayi yang diberi ASI ekslusif akan berbentuk pasta/kream, berbiji & cair seperti mencret.

FREKUENSI BAB
Frekuensi BAB pada bayi berbeda-beda khususnya diminggu keempat & kelima yang pertama, dalam sehari bisa lima kali. bayi yang minum ASI ekslusif bisa tidak BAB sampai empat hari bahkan sampai tujuh hari, jangan khawatir itu normal selama perkembangannya tidak terganggu.

2 komentar: